Ulasan: Samsung Galaxy Alpha

220115_SAMSUNGGALPHA_6
Image from Samsung

Samsung Galaxy Alpha merupakan ponsel dengan metal frame pertama raksasa elektronik Korea, Samsung. Berbeda dengan HTC One M8 atau HTC One Mini 2, Galaxy Alpha tidak seluruhnya terbuat dari metal, namun hal tersebut merupakan langkah awal Samsung menciptakan produk smartphone yang lebih berkelas.

Samsung Galaxy Alpha menjalankan Android Kitkat 4.4.4, dipersenjatai dengan processor Exynos Octa-core, layar 4.7 inci 720p Super AMOLED, RAM 2 GB, penyimpanan 32 GB, 12 MP kamera belakang dan 2.1 MP kamera depan, NFC, Bluetooth 4.0, serta sensor sidik jari dan detak jantung.

Berada di antara Galaxy S5 dan Galaxy S5 Mini dalam lini smartphone Samsung, Galaxy Alpha memiliki harga yang sama dengan iPhone 6.


PRO

  • Desain yang ramping, berkelas, dan ringan
  • Mode kamera HDR yang menakjubkan
  • Baterai yang tahan lama

KONTRA

  • Tidak ada slot microSD
  • Sensor sidik jari yang kurang responsive
  • Layar 720p yang kurang tajam menampilkan gambar

DESAIN

Tak dapat dihindari bahwa frame metal Galaxy Alpha menjadi poin utama perangkat ini, namun hal yang benar-benar membuat kesan pertama yang sangat kuat adalah bobotnya. Galaxy Alpha hanya berbobot 115 gr, membuatnya lebih ringan dibandingkan iPhone 6 (129 gr), S5 Mini (120 gr), dan hanya sedikit lebih berat dari iPhone 5S (112 gr).

220115_SAMSUNGGALPHA_2
Image from Samsung

Samsung masih menggunakan desain dimpled soft-touch untuk cover belakang Galaxy Alpha, meskipun pola titik-titik yang ada lebih samar jika dibandingkan dengan S5 dan S5 Mini. Di sini Anda akan menemukan sensor detak jantung di samping kamera 12 MP dan LED Flash.

220115_SAMSUNGGALPHA_4
Image from Samsung

Samsung menggunakan frame aluminium di sekitar tepian Galaxy Alpha, termasuk untuk tombol daya dan pengatur suara. Masing-masing sudut Galaxy Alpha didesain dengan sempurna untuk membantu Anda saat menggengam, dan desain tersebut membuat ponsel ini jauh lebih menarik.


LAYAR

Galaxy Alpha dibekali layar 4.7 inci HD 720p, tidak menyamai resolusi layar Full HD Galaxy S5, lebih mirip dengan layar Galaxy S5 Mini, namun kerapatan piksel 312 ppi pada Galaxy Alpha cukup mumpuni untuk memanjakan mata Anda. Samsung masih menggunakan teknologi Super AMOLED pada Galaxy Alpha. Anda dapat mengharapkan layar dengan tingkat kecerahan dan kedalaman warna yang baik.

Jika dibandingkan dengan S5 dan S5 Mini ketika memutar video, Galaxy Alpha tetap mampu menampilkan gambar yang tajam, detail, dengan tingkat kecerahan yang baik melalui layar HD 720p, namun dibandingkan dengan layar 1080p pada S5, warna yang dimiliki Galaxy Alpha tidak seakurat dan sekaya S5.


KAMERA

Samsung Galaxy S5 memiliki salah satu kamera terbaik yang ada pada smartphone, dan Galaxy Alpha memiliki kamera yang hampir sebanding dengan S5. Anda tidak perlu meragukan kualitas gambar yang Anda tangkap melalui kamera Galaxy Alpha.

Kamera belakang memiliki sensor 12 MP berteknologi ISOCELL milik Samsung yang disertai dengan LED Flash, dan kamera depan dengan sensor 2.1 MP yang dapat merekam video Full HD 1080. Sensor utama kamera Galaxy Alpha, seperti S5, dapat merekam video beresolusi 4K jika Anda ingin memanjakan mata Anda dengan kualitas Ultra-High Definition pada hasil rekaman Anda.

Galaxy Alpha mengadopsi fitur kamera yang sama dengan S5, yang artinya Galaxy Alpha memiliki phase-detection autofocus. Pada intinya kamera Galaxy Alpha dapat fokus lebih cepat dibandingkan dengan kamera ponsel lain yang menggunakan contrast detection.

Seluruh pengaturan kamera masih utuh pada Galaxy Alpha, Anda masih bisa mengakses mode fokus selektif yang baru dan fitur manual seperti penyesuaian tingkat white balance dan tingkat exposure. Anda masih bisa menangkap gambar panorama dan dapat menambahkan berbagai mode pemotretan yang lain dengan mengunduhnya melalui Galaxy Apps Store.


BATERAI

Salah satu hal yang tidak dimiliki Galaxy Alpha dari Galaxy S5 atau bahkan S5 Mini adalah daya tahan baterai. Galaxy Alpha hanya dibekali baterai 1860 mAh (removable), yang mana jauh lebih kecil dibandingkan dengan baterai 2100 mAh pada S5 Mini. Meskipun daya baterai yang dimiliki Alpha lebih kecil, namun baterai Galaxy Alpha tetap dapat menemani Anda melewati seharian penuh tanpa harus mengisi ulang.

220115_SAMSUNGGALPHA_5
Image from Samsung

Dalam pemakaian normal, menjelajah web, bermain game, mengecek Twitter dan menonton video, Galaxy Alpha dapat bertahan hingga seharian penuh, bahkan Galaxy Alpha dan bertahan hingga satu setengah hari penuh. Anda dapat menggunakan mode Ultra-Power Saving untuk memaksimalkan daya tahan baterai Galaxy Alpha.

Melalui pengisian 30 menit dari keadaan kosong, akan terisi daya sekitar 25%, charger yang dimiliki Alpha setidaknya cukup cepat dalam melakukan pengisian.


REKOMENDASI

Samsung Galaxy Alpha memunculkan beberapa pertimbangan. Tak dapat disanggah bahwa Galaxy Alpha merupakan salah satu ponsel dengan penampilan terbaik dari Samsung dan sangat jelas merupakan pesaing langsung dari iPhone 6.

Namun masalah utama dari Galaxy Alpha, meskipun dijual dengan harga yang lebih tinggi dari Galaxy S5, Galaxy Alpha tidak melebihi S5 selain dari kualitas pembuatan yang premium. Galaxy Alpha tidak memiliki layar Full HD 1080p, tidak anti air, tidak ada slot microSD, dan tidak dapat menyamai performa baterai Galaxy S5. Ketika Anda membandingkannya dengan Galaxy S5 Mini, hanya kamera dan frame metal Galaxy Alpha yang benar-benar membedakan kedua ponsel tersebut.

Jika Anda menginginkan ponsel kecil yang menarik, Galaxy Alpha jauh lebih menarik dibandingkan S5, tetapi jika Anda mengharapkan pengalaman terbaik dari produk Samsung Galaxy, maka Galaxy S5 tetap pilihan yang terbaik.


SIMPULAN

Samsung Galaxy Alpha merupakan ponsel yang dibuat sangat indah, namun sangat disayangkan Galaxy Alpha melewatkan beberapa fitur menakjubkan dari Galaxy S5. – Gadget Spam (2015)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s