Cyanogen: Android Akan Kami Ambil Alih!

Image from xda-developer
Image from xda-developer

CEO Cyanogen Inc., Kirt McMaster, belakangan ini menjadi berita akibat melontarkan beberapa pendapat kontroversialnya. Salah satunya Google, yang Kirt sebut sebagai penguasa tirani atas Android, atau Samsung yang disebut-sebut tidak mampu membuat operating system yang layak.

Namun pendapat yang dilontarkan Kirt pada kamis lalu di ajang The Information’s “Next Phase of Android” di San Francisco merupakan pendapat yang paling diperdebatkan. Tidak hanya menegaskan pandangannya pada kontrol Google terhadap Android, Kirt juga mengemukakan visi Cyanogen untuk tidak memiliki ketergantungan pada Google dalam bentuk apapun di masa depan.

McMaster sebagai CEO Cyanogen mengatakan, bahwa mereka akan berusaha untuk mengambil alih Android dari Google. McMaster menjelaskan, Cyanogen ingin menyediakan versi Android yang terbuka hingga ke intinya, yang mana akan memberikan keleluasan bagi partner Cyanogen untuk membuat layanan yang terintegrasi tinggi, melalui cara yang lain yang tidak dimungkinkan pada Android milik Google.

“Kami sedang membuat versi Android yang lebih terbuka, sehingga kami dapat berintegrasi dengan lebih banyak mitra dan layanan mereka dapat dikelompokkan dalam satu layanan, perusahaan startup yang mengerjakan artificial intelligence atau hal lain tidak terjebak untuk meluncurkan aplikasi yang pada akhirnya akan diakuisisi oleh Google atau Apple. Perusahaan seperti itu dapat berkembang pada non-Google Android.”

McMaster mengatakan, Google Now merupakan model layanan yang terhubung ke sistem inti, dengan cara yang tidak bisa dilakukan aplikasi pihak ketiga. McMaster juga menyatakan bahwa Aviate Launcher, perusahaan milik Yahoo, dikabarkan tertarik untuk membeli Cyanogen.

Cyanogen menunjukkan dirinya sebagai platform bagi perusahaan lain untuk membangun layanan yang terintegrasi kuat pada Android, dimana tidak dimungkinkan dengan Android yang dikendalikan oleh Google.

“Hari ini Cyanogen memiliki beberapa ketergantungan pada Google. Di masa depan, tidak lagi. Kami tidak akan didasarkan pada beberapa turunan dari Google dalam tiga atau lima tahun mendatang. Akan ada layanan yang melakukan hal yang sama pada Android, dan akan ada sesuatu yang berbeda. Ke sanalah tujuan kami.”

Saat ini Cyanogen masih membutuhkan Google untuk layanan seperti Play Store, Gmail, dan Maps. Dengan memaksakan beberapa kondisi tertentu pada perusahaan yang ingin meng-install aplikasi tersebut pada perangkat mereka. Google sejauh ini memiliki perusahaan yang memeriksa jika terjadi kendali atas platform Android, maka perusahaan terkait akan dihilangkan dari aplikasi Google, membuat semakin sulitnya menciptakan platform berbasis Android yang layak bersaing. Amazon, yang telah menghabiskan bertahun-tahun menciptakan alternatif dari aplikasi Google, merupakan satu-satunya pengecualian.

Cyanogen ingin memecahkan masalah ini dengan bekerja sama dengan mitranya, dan dengan dukungan pada toko aplikasi alternatif, Cyanogen diharapkan akan memiliki toko aplikasi sendiri dalam 18 bulan.

Ambisi besar Cyanogen masih harus menunggu untuk dibuktikan. Banyak rintangan yang harus dilewati, terlebih sikap Google terhadap Cyanogen. Sejauh ini, Cyanogen telah menikmati akses aplikasi Google untuk OnePlus dan Micromax. Belum jelas bagaimanan Cyanogen akan memainkan perannya, mengingat masih dibutuhkannya Google saat ini. Tapi rencana Cyanogen jelas menyimpang dari hal tersebut. – Gadget Spam (2015)

Source: TheInformation

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s