Ulasan: Samsung Galaxy A3

Image from Samsung
Image from Samsung

Samsung Galaxy A3 merupakan smartphone kelas menengah yang solid dengan kinerja yang baik, baterai yang tahan lama, dan desain unibody metal yang layak bersaing dengan kualitas smartphone high-end yang ada di pasar saat ini.

Dengan kompetisi produsen smartphone yang semakin brutal dan tingkat persaingan yang tinggi terutama dalam hal kualitas, semakin banyak bermunculan konsumen yang menginginkan Samsung untuk membuat smartphone berbahan lain selain plastik, seperti yang selama ini kita lihat. Samsung memulai langkahnya melalui Samsung Galaxy Alpha dengan frame metalnya, yang mana desain serupa juga digunakan pada Galaxy Note 4, dengan cover belakang berbahan plastik pada keduanya.

Melalui seri smartphone terbaru Galaxy A, Samsung membawa “kualitas” ke tingkat yang lebih tinggi, melalui perangkat kelas menengahnya yang mulai dijual awal tahun ini.


PRO

  • Desain unibody metal
  • Baterai yang tahan lama
  • Bentuk yang compact
  • Kinerja yang baik

KONTRA

  • Spesifikasi kurang dibandingkan smartphone sekelasnya
  • Resolusi layar yang agak rendah
  • Baterai non-removable

DESAIN

Selama bertahun-tahun, smartphone Samsung telah dibuat dari plastik seluruhnya, meskipun sama sekali tidak mempengaruhi ketahanan perangkat, namun mengakibatkan smartphone unggulan Samsung yang cukup menguras dompet tidak terasa premium sebagaimana mestinya. Melalui Galaxy A3 dan juga Galaxy A5, Samsung membawa konsumen ke arah yang lain, dengan kedua perangkat yang berbahan full-metal.

Image from Samsung
Image from Samsung

Meskipun dengan perubahan material, desain Galaxy A3 sebagian besar masih sama dengan desain Samsung lainnya, dengan beberapa elemen signature Samsung, termasuk tombol home di depan yang diapit dengan tombol capacitive back dan recent apps. Dengan gaya khas Samsung, tombol daya tetap berada di sisi kanan atas, dan dua slot kartu SIM tepat di bawahnya, salah satu slot kartu SIM juga berfungsi sebagai slot MicroSD. Tombol pengatur volume di sisi kiri, headphone jack dan port MicroUSB dapat ditemukan di bagian bawah.

Image from Samsung
Image from Samsung

Perasaan yang muncul saat Anda menggenggam Galaxy A3 berbeda secara drastis, bahkan jika dibandingkan dengan perangkat high-end Samsung lainnya seperti Galaxy S5. Meskipun berbahan metal dengan bagian belakang yang halus, Galaxy A3 tidak selicin seperti yang Anda bayangkan, dengan sisi-sisi yang rata membuat Galaxy A3 nyaman digenggam. Memiliki layar 4.5 inci, Galaxy A3 tetap mudah digunakan dengan satu tangan, yang mana tidak dapat Anda temukan pada banyak smartphone saat ini. Galaxy A3 terasa solid dan terlihat mengagumkan, sebagai bukti bahwa Samsung mampu membuat perangkat yang premium.

Image from Samsung
Image from Samsung

LAYAR

Seperti disebutkan sebelumnya, Samsung Galaxy A3 memiliki layar 4.5 ini Super AMOLED dengan resolusi 960×540 yang menghasilkan kerapatan piksel 245 ppi. Teknologi AMOLED memberikan kedalaman warna yang sangat baik, rasio kontras yang tinggi, warna yang penuh, dan sudut pandang yang lebar.

Image from Samsung
Image from Samsung

Sementara layar berukuran 4.5 inci sangat nyaman untuk penggunaan satu tangan, namun terasa kurang ketika Anda menonton video atau bermain game, resolusi yang rendah juga berkontribusi besar pada kualitas gambar yang dihasilkan. Layar yang ada tetap nyaman digunakan untuk menjelajah situs ataupun jejaring sosial, meskipun terasa kurang ketika digunakan untuk fasilitas hiburan. Secara keseluruhan layar qHD 4.5 inci Galaxy A3 tetap sangat menakjubkan untuk memanjakan mata Anda, terlepas dari berbagai kekurangannya.


PERFORMA

Samsung Galaxy A3 dipersenjatai processor Qualcomm Snapdragon 410 1.2 GHz, dan didukung GPU Adreno 306 dan RAM 1 GB. Snapdragon 410 merupakan processor 64-bit kelas menengah Qualcomm, sekilas terlihat spesifikasi yang ada cukup sederhana, akan tetapi spesifikasi yang ditawarkan menyediakan kemampuan lebih dari cukup untuk menangani sebagian besar tugas pada perangkat, termasuk game dengan grafis yang intesif tanpa hambatan yang berarti.

Galaxy A3 yang beredar di Indonesia memiliki penyimpanan internal 16 GB, yang dapat ditambah dengan MicroSD up-to 64 GB. Sayangnya Galaxy A3 yang ada di Indonesia belum mendukung jaringan LTE, tidak seperti Galaxy A5 yang sudah mendukung LTE.

Speaker dapat ditemukan di bagian belakang, di samping kamera utama. Speaker yang ada menghasilkan suara yang bersih bebas distorsi, namun tidak begitu keras, bahkan jika dibandingkan dengan smartphone berspeaker tunggal lainnya.

Klik untuk perbesar gambar
Klik Untuk Perbesar Gambar

Galaxy A3 merupakan ponsel kecil yang compact, dan mencerminkan daya baterai yang agak kecil sebesar 1900 mAh. Meskipun berdaya kecil, ketahanan baterai Galaxy A3 sangat menakjubkan, Galaxy A3 dapat bertahan seharian penuh hingga 2 hari penuh tanpa perlu pengisian ulang, bahkan jika Anda bermain game ataupun menonton video dalam waktu yang lama. Bahkan berdasarkan hasil pengujian yang kami lakukan A3 mampu bertahan hingga hampir 3.5 hari tanpa isi ulang baterai. Ketahanan baterai benar-benar menjadi salah satu daya tarik utama ponsel ini.

Galaxy A3 menjalankan Android Kitkat 4.4, dan tentu saja TouchWiz UI, meskipun tidak seperti yang ada pada Galaxy S5 maupun Galaxy Note 4. Galaxy A3 tidak disertai dengan Air Gestures, Smart Stay, Smart Pause, Multi Window, maupun aplikasi yang pre-installed seperti ChatON dan S-Health, bahkan S-Voice pun ikut menghilang.


KAMERA

Berbicara tentang kamera, Galaxy A3 memiliki kamera belakang 8 MP yang disertai LED Flash, dan kamera depan 5 MP, masing-masing berteknologi CMOS. Aplikasi kamera tidak berubah banyak dari perangkat Samsung sebelumnya, namun tidak disertai dengan fitur yang sama seperti sebelumnya. Pengaturan standar sperti exposure, ISO, dan white balance tersedia, dengan beberapa mode pemotretan yang dirampingkan, hingga hanya mencakup beauty face, rear-cam selfie, continuous shoot, animated GIF, panorama, night mode, dan tidak ketinggalan mode HDR yang menjadi primadona smartphone Samsung.

Image from Samsung
Image from Samsung

Kualitas kamera sangat baik, namun bagi fotografer smartphone yang serius, kamera yang ada akan mengecewakan. Tetapi jika Anda hobi selfie, Galaxy A3 sangat cocok untuk Anda, kamera depan Galaxy A3 sangat mumpuni untuk melakukan selfie, bahkan jika dibandingkan dengan kamera depan pada iPhone 6, kualitas gambar yang dihasilkan jauh lebih baik pada Galaxy A3. Dengan ISO maksimum 800, akan menyulitkan Anda dalam memotret ketika kurang cahaya, tapi night mode dan HDR yang tersedia dapat membantu meningkatkan kualitas foto tanpa perlu menggunakan flash.


REKOMENDASI

Samsung telah naik ke tingkat baru dalam hal kualitas melalui kemunculan Galaxy seri A, meskipun Galaxy A3 bukan merupakan seri smartphone unggulan Samsung, namun Galaxy A3 mampu dibandingkan dengan beberapa smartphone pesaing kelas atas yang ada di pasar saat ini. Meskipun Galaxy A3 tidak menonjol dari sisi kinerja, namun Galaxy A3 menjadi terobosan baru dari Samsung, dan dengan harga sekitar 3.5 juta rupiah, Galaxy A3 menjadi smartphone kelas menengah yang sangat mumpuni. Jika layar 4.5 inci kurang besar bagi Anda, mungkin Galaxy A5 dapat memuaskan keinginan Anda dengan layar 5 inci dengan spesifikasi yang lebih tinggi.


SIMPULAN

Samsung Galaxy A3 merupakan smartphone Samsung yang memiliki kualitas tinggi, dengan desain yang elegan dan memberikan rasa premium, Galaxy A3 dapat menjadi pilihan cocok bagi Anda yang menginginkan smartphone berkualitas namun cukup terjangkau. – Gadget Spam (2015)

Iklan

Satu pemikiran pada “Ulasan: Samsung Galaxy A3

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s