Facebook: Kami Mengintai Anda!

Image from ibtimes.com
Image from ibtimes.com

Bagi Anda pengguna Facebook berhati-hatilah, Facebook sekarang mengintai seluruh aktivitas Anda di dunia maya.

Facebook kini dapat mengumpulkan data dari seluruh aktivitas Anda pada setiap situs yang Anda kunjungi. Dalam kebijakan privasi terbaru mereka, Facebook dapat mengetahui situs mana saja yang Anda kunjungi di Internet sehingga Facebook dapat mencetak lebih banyak uang dari personalized ads.

Dibandingkan memberikan pilihan pada pengguna untuk memutuskan sendiri apakah mereka setuju atau tidak setuju dengan kebijakan privasi ini, Facebook menerapkan kebijakan ini hanya jika pengguna masuk ke akun Facebook mereka.

Berikut kutipan dari salah satu situs:

“Jika Anda ingin mencegah Facebook melacak penggunaan Internet Anda secara keseluruhan, maka Anda harus menghubungi Digital Advertising Alliance di US, atau yang setara di Eropa dan Canada, yang mana akan mencegah penargetan iklan Facebook secara individu. Anda juga dapat merubah pengaturan pada ponsel Anda untuk mencegah Facebook melacak Anda lewat smartphone Anda.” – Crave Online

Selama bertahun-tahun Facebook terus menambah kebijakan privasi mereka, dari 1000 kata pada tahun 2005 hingga mencapai lebih dari 5000 kata pada tahun 2010, dan sekarang mungkin sudah bertambah lebih banyak lagi. Kini kebijakan privasi Facebook semakin sulit untuk dipelajari dengan begitu banyaknya hal yang harus Anda baca.

Image from harvard.edu
Image from harvard.edu

Meskipun Facebook telah dipertanyakan selama bertahun-tahun mengenai kebijakan privasi mereka, langkah terbaru mereka untuk melacak aktivitas pengguna tampaknya cukup ekstrim. Sementara itu, Facebook bertindak seolah-olah tidak menyadari adanya masalah pada kebijakan terbaru mereka, mereka terus beranggapan bahwa pengguna benar-benar peduli bagaimana detail iklan yang ditampilkan. Pada kenyataannya Facebook-lah yang lebih menginginkan target yang detail untuk menjalankan bisnis mereka.

Image from adweek.com
Image from adweek.com

“Ketika kami bertanya pada orang tentang iklan kami, salah satu hal utama yang mereka katakan adalah bahwa mereka ingin melihat iklan yang relevan dengan ketertarikan mereka.” – Facebook Statement

Di atas segalanya, jika Anda opt-out dari invasi privasi ini, sudah muncul banyak pertanyaan apakah jika Anda memilih opt-out akan benar-benar menghentikan Facebook melacak setiap aktivitas Anda. – Gadget Spam (2015)

Source: AndroidAuthority

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s