Aquaris E4.5: Smartphone Ubuntu Pertama Di Dunia

020715_UBUNTUPHONE_1Versi mobile Ubuntu telah menjadi proyek yang mengalami berbagai macam masalah dalam proses pengembangannya, dan pada akhirnya membuat banyak orang percaya bahwa versi mobile Ubuntu tidak akan pernah dirilis. Namun setelah beberapa tahun, ponsel berbasis Ubuntu pertama siap diterjunkan ke pasar. Ponsel tersebut merupakan hasil kerjasama Canonical dengan Meizu dan BQ, dan ponsel Ubuntu pertama ini sebetulnya merupakan daur ulang dari ponsel BQ Aquaris E4.5 yang menggunakan Ubuntu sebagai sistem operasinya.

Aquaris E4.5 Ubuntu Edition memiliki spesifikasi yang biasa-biasa saja yang mencakup layar qHD 4.5 inci beresolusi 960×540, processor quad-core MediaTek Cortex A7 1.3 GHz, RAM 1 GB, kapasitas penyimpanan 8 GB, kamera belakang 8 MP, dan kamera depan 5 MP. Ponsel ini berada di entry-level dan mid-range smartphone dengan harga sekitar 2 juta rupiah.

“Peluncuran smartphone Ubuntu pertama merupakan tonggak penting. Pengalaman baru yang kami berikan untuk pengguna, serta peluang untuk melakukan diferensiasi bagi produsen dan operator, sebagai perubahan yang menarik dan sangat dibutuhkan dari apa yang sudah tersedia saat ini. Kami gembira bahwa rising star seperti BQ telah melihat kesempatan ini dan membantu kami mewujudkannya.” – Jane Silber, CEO Canonical

Ponsel berbasis Ubuntu pertama ini menempatkan diri sebagai smartphone alternatif bagi konsumen yang menginginkan pengalaman yang berbeda. User Interface dalam smartphone Ubuntu dibuat sesederhana mungkin dan berfokus pada konsep digital life services yang mencakup music, jejaring sosial, web, foto dan sebagainya langsung dari layar utama.

Namun dengan ketatnya persaingan smartphone saat ini, sangat diragukan ponsel berbasis Ubuntu ini akan menuai sukses besar di pasar. Ponsel berbasis Ubuntu ini harus bersaing dengan raksasa OS seperti Android dan iOS, serta operating system lain seperti Windows yang tahun ini akan segera meluncurkan perangkat terbarunya, dan Cyanogen yang berambisi untuk menggeser Google Android.

Keraguan kami bukan tanpa alasan, sebelumnya versi mobile Ubuntu sempat diumumkan dengan cara yang luar biasa meriah, namun segera menghilang dari popularitas akibat munculnya beberapa masalah. Termasuk kurangnya dana untuk smartphone Ubuntu Edge, kegagalan mengumpulkan dukungan OEM dan penghentian proyek Ubuntu untuk Android.

Aquaris E4.5  akan mulai dijual pekan depan di Eropa dengan sistem Flash Sales seperti yang pernah dilakukan Xiaomi sebelumnya. Namun kesuksesan ponsel Ubuntu ini masih menjadi tanda tanya besar di tengah sengitnya persaingan antar produsen smartphone dan penyedia OS saat ini. – Gadget Spam (2015)

Source: Ubuntu

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s