LG: Snapdragon 808 Untuk LG G4

040115_LGBerdasarkan dari sumber yang tidak ingin disebutkan, smartphone flagship terbaru dari LG, G4, akan menggunakan SoC Qualcomm Snapdragon 808, dibandingkan Snapdragon 810. Hal ini sangat berbanding terbalik dengan sikap LG di awal tahun ini terkait penggunaan Snapdragon 810 pada G Flex2. Sumber tersebut juga mengklaim bahwa Qualcomm tidak mampu memperbaiki isu overheating yang menggoncang reputasi chipset tersebut.

Pernyataan tersebut juga diperkuat oleh GFXBench yang merilis hasil benchmark LG G4 (F500x). Pada hasil benchmark tersebut juga disebutkan bahwa LG G4 menggunakan Snapdragon 808. Tidak hanya itu saja, berdasarkan hasil benchmark tersebut LG G4 menggunakan layar QHD 5.5 inci, RAM 3GB, kamera belakang 15MP, kamera depan 7MP, dan akan menjalankan OS Android 5.1 Lollipop.

040115_GFXBenchSoC Snapdragon 808 merupakan processor hexa-core 20nm yang menggunakan empat CPU Cortex-A53 yang hemat daya disertai dengan konfigurasi Cortex-A57. GPU yang digunakan Adreno 418 dengan konfigurasi memori dual-channel 933MHz LPDDR3 dibandingkan dengan LPDDR4 yang ada pada Snapdragon 810.

Setelah konsisten membantah, LG akhirnya mengakui bahwa ada masalah pada batch awal produksi Snapdragon 810 pada beberapa waktu lalu, namun LG tetap bersikeras masalah tersebut tidak akan berpengaruh pada G Flex2 maupun G4. Beberapa sumber juga menyatakan bahwa Qualcomm baru akan memperbaiki masalah pada Snapdragon 810 di kuartal kedua nanti.

Penggunaan GPU Adreno 418 (mid-range) pada G4 akan sangat mengurangi kualitas grafik yang dihasilkan jika dibandingkan dengan smartphone yang menggunakan Snapdragon 805 dengan GPU Adreno 420. Hal ini mungkin akan menjadi pertimbangan penting bagi Anda para gamers.

Meskipun rumor ini terkesan negatif, namun dengan penggunaan chipset Snapdragon 808 yang lebih dingin dan hemat daya akan memberikan keuntungan pada masa hidup baterai dan produk. Tapi di lain sisi, penggantian chipset tersebut membuat Samsung Galaxy S6 berada di posisi aman sebagai performance leader.

Qualcomm masih menolak untuk berkomentar mengenai isu tersebut, LG juga menyatakan bahwa tanggal rilis G4 bergantung pada perkembangan chipset Qualcomm, yang masih belum dapat dipastikan. – Gadget Spam (2015)

Source: Korea Times

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s