Sony: Profit Q1 Naik, Meskipun Divisi Mobile Merugi

080315_N_SONYPROFITQ1Beberapa hari yang lalu, Sony baru saja merilis laporan keuangan untuk Q1 2015, yang memperlihatkan adanya peningkatan profit secara fantastis sebesar 39% dibandingkan tahun lalu. Namun, divisi Sony Mobile memiliki kondisi sebaliknya, dengan penjualan ponsel yang terus menurun sebesar 16% setiap tahunnya.

Secara keseluruhan, pendapatan Sony pada Q1 2015 ini mencapai 14.5 miliar dollar, berkat program restrukturisasi besar-besaran yang dilakukan Sony, yang menghasilkan kenaikan keuntungan sebesar 39%, hingga 780 juta dollar untuk Q1.

Namun, kenaikan profit tersebut tidak mengartikan bahwa seluruh divisi Sony berperforma baik. Mayoritas pendapatan Sony berasal dari divisi musik dan game berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, yang mengalami kenaikan pendapatan 173% untuk divisi musik dan 350% untuk divisi game.

Bisnis image sensor Sony juga “big winner” lainnya, dengan pendapatan mencapai 244 juta dollar, naik sebesar 164% dibandingkan tahun lalu. Sony mengalami kenaikan permintaan untuk image sensor miliknya yang berkualitas tinggi, tidak hanya dari raksasa smartphone seperti Samsung, tetapi juga dari beberapa produsen smartphone murah China yang ingin selangkah lebih maju dari pesaing. Kenaikan permintaan untuk kamera depan berkualitas tinggi juga menjadi pendorong meningkatnya pendapatan Sony.

Hal yang sebaliknya terjadi untuk divisi Sony Mobile. Penjualan anjlok 16%, yang menyebabkan kerugian 184 juta dollar, kerugian yang lebih parah dibandingkan dengan bisnis perfilman Sony. Meskipun Sony menyatakan kerugian tersebut akibat usaha Sony untuk meningkatkan keuntungan dibandingkan penjualan, banyak yang berpendapat kerugian tersebut akibat lini produk Sony.

Flagship terbaru Sony Xperia Z3+, maupun Z4, hanya mendapatkan upgrade minor dibandingkan seri sebelumnya. Sony juga kalah telak dalam pasar smartphone kelas bawah dan kelas menengah, dimana spesifikasi hardware dan harga yang ditawarkan semakin kompetitif dalam setahun terakhir. Produk Sony seperti M4 Aqua tidak dapat menawarkan spesifikasi dan nilai yang sebanding dengan pesaingnya.

Kini Sony memprediksi kerugian setahun penuh untuk divisi mobile mereka, yang dapat mencapai 480 juta dollar, lebih parah dibandingkan prediksi sebelumnya sebesar 310 juta dollar pada April lalu.

Sudah sangat jelas, Sony memerlukan perubahan besar pada produk smartphone dan strategi yang digunakan, jika Sony masih berharap untuk membuat divisi mobile mereka menghasilkan keuntungan. – Gadget Spam (2015)

Source: Sony

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s