Ulasan: LG G4c

080315_R_LGG4c_1LG G4c merupakan versi lain dari LG G4 dengan spesifikasi yang lebih rendah, bergaya serupa namun lebih kecil dan dengan harga lebih murah dibandingkan G4. G4c tidak terlalu murah untuk ukuran smartphone kelas menengah, mengingat kinerja yang dimiliki G4c tidak “mulus” dengan beberapa isu performa. Terutama mengingat harga yang ditawarkan tidak berbeda jauh dengan LG G3.


PRO

  • Layar besar HD
  • Daya tahan baterai yang mumpuni

KONTRA

  • Lag
  • Jauh berbeda dengan LG G4
  • Banyak alternatif lain yang lebih baik

DESAIN

LG G4c, smartphone kelas menengah berpenampilan “polos”. Sisi depan berwarna hitam, dengan tepi yang agak kaku, membuat logo LG di bagian bawah ponsel menjadi elemen yang menjadi penarik perhatian untuk bagian depan, dengan sedikit lengkungan yang sangat-sangat samar.

Kemiripan dengan LG G4 terletak pada sisi belakang ponsel ini, dimana G4c memiliki cover belakang berkontur diamond-shape yang mirip dengan LG G4 versi non-leather. LG menyebutnya sebagai desain “ceramic”, namun lebih terasa sebagai plastik standar ketika disentuh.

080315_R_LGG4c_5Seperti kebanyakan ponsel LG lainnya, LG G4c menggunakan tombol pada sisi belakang, untuk tombol daya dan volume, yang telah disempurnakan selama beberapa tahun terakhir ini, terasa pas di genggaman.

Secara umum LG G4c memiliki lebih banyak kemiripan dengan LG Vibe dibandingkan LG G4. Dengan bodi ponsel yang lebih kecil dan lebih tebal (1,2 cm) cukup jauh berbeda dengan G4.


LAYAR

LG G4c menggunakan layar 5 inci HD 720p, yang cukup tajam, dengan produksi warna yang cukup baik. Layar berukuran cukup besar pada LG G4c menawarkan kualitas gambar yang cukup baik untuk bermain game maupun memutar video. Seperti kebanyakan ponsel berlayar 5 inci lainnya, LG G4c menggunakan layar IPS LCD, dengan viewing angle yang sangat baik.

080315_R_LGG4c_2Salah satu hal yang menjadi isu utama pada LG G4c ini adalah material layar yang rawan pada tanda sidik jari, terutama ketika layar ponsel terkena cahaya, dengan kata lain layar G4c sangat mudah kotor jika disentuh.


PERFORMA

LG G4c menggunakan Android 5.0.2 Lollipop, dengan user interface yang bergaya visual tajam serupa LG G4, meskipun beberapa elemen UI ekstra yang ditanamkan terasa sedikit mengganggu, seperti desain built-in widgets yang tampak tidak sesuai dengan UI yang digunakan.

080315_R_LGG4c_4LG G4c juga menawarkan aplikasi bonus, seperti LG Browser, Quick Memo, LG Smartworld, dan FM Radio, meskipun browser alternatif yang ditawarkan tidak begitu bagus jika dibandingkan dengan Chrome.

Dengan penyimpanan 8GB pada LG G4c, kapasitas penyimpanan menjadi sangat terbatas, tak perlu waktu lama untuk kehabisan memori pada ponsel ini. Terutama dengan kustomisasi sistem LG yang telah meggunakan sekitar 3GB dari kapasitas 8GB, maka hanya tersisa sekitar 5GB kapasitas penyimpanan yang bisa Anda gunakan. Sisi baiknya, LG G4c didukung dengan slot microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan.

Masalah utama pada LG G4c terletak pada performa ponsel, terkadang G4c terasa sangat lambat, perlu waktu cukup lama untuk berganti dari layar maupun loading aplikasi, terutama lag yang cukup serius pada browser, baik pada Chrome maupun LG Browser. Lag pada LG G4c akan lebih parah lagi ketika Anda meng-install beberapa aplikasi dan games.

Lag pada LG G4c, maupun ponsel kelas menengah lainnya mulai menjadi isu yang sering muncul semenjak Android Lollipop dirilis. Penggunaan minimal RAM 1GB dan processor quad-core tampaknya hanya mencukupi untuk Android 4.4.

Akan tetapi, lag pada LG G4c ini merupakan kasus lag terparah pada Android Lollipop sejauh ini. Alokasi RAM atau virtual memory pada G4c tampaknya merupakan sumber masalah utama pada ponsel ini.

Di luar masalah-masalah tersebut LG G4c bekerja cukup baik untuk penggunaan normal sehari-hari, dengan processor Snapdragon 410, processor mid-entry yang telah terbukti berkemampuan tinggi untuk ponsel berlayar 720p.


KAMERA

LG G4c memiliki kamera utama 8MP dan kamera depan 5MP. Sangat cocok untuk mengambil gambar di siang hari, meskipun tanpa pencahayaan alami langsung, meskipun terkadang gambar yang dihasilkan sedikit overexposure.

Meskipun memiliki kamera yang cukup baik untuk smartphone kelas menengah, kamera LG G4c sangat buruk untuk mengambil gambar dengan pencahayaan rendah atau pencahayaan dalam ruang. Gambar yang dihasilkan LG G4c cenderung kehilangan detail dan kehilangan konsistensi warna pada kondisi kurang cahaya.

LG G4c tidak memberikan keleluasaan pada setting kamera, tidak ada mode HDR, scene, maupun filter yang dapat Anda gunakan, jauh lebih simpel dibandingkan dengan aplikasi kamera iPhone.

Meskipun memiliki kamera depan beresolusi relatif tinggi dengan sensor 5MP, kamera depan LG G4c sangat mengecewakan. Kamera 5MP yang dimiliki tidak lebih baik dibandingkan dengan kamera bersensor 2MP ketika mengambil gambar dalam ruang.


BATERAI

LG G4c menggunakan baterai 2540mAh, cukup namun sedikit kurang mengingat layar HD 5 inci yang digunakan sangat menguras baterai.

Untuk penggunaan harian, LG G4c agak sulit untuk bertahan, daya tahan baterai tidak sekuat yang dibayangkan dengan baterai berkapasitas 2540mAh. Baterai G4c cukup cepat terkuras meskipun dengan penggunaan ringan.

Namun salah satu hal yang menarik pada LG G4c adalah ketahanannya untuk memutar video, dengan baterai penuh LG G4c mampu memutar video HD 720p hingga 14 jam non-stop, jauh lebih lama sekitar 4 jam dibandingkan ponsel kelas menengah lainnya.


SIMPULAN

LG G4c merupakan ponsel berlayar 5 inci yang cukup premium untuk ponsel sekelasnya, namun G4c tidak memiliki kelebihan yang menarik, terutama akibat lag parah pada ponsel ini.

Banyak alternatif lain yang bisa menjadi pilihan Anda seperti Samsung Galaxy A3, Sony Xperia seri M, maupun smartphone dari Xiaomi dan Oppo di kelas harga yang sama, dengan performa yang jauh lebih baik dan harga relatif lebih murah. – Gadget Spam (2015)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s